Kebutuhan Rumah di Indonesia Diprediksi Capai 15 Juta Unit Tahun Depan

Redaksi Selasa, 16-07-2013 | 20:59 WIB Hunian
RumahMurah.jpg

JAKARTA – Kebutuhan rumah untuk keluarga di Indonesia tahun depan diperkirakan mencapai angka lebih dari 15 juta unit. Untuk itu, diperlukan upaya penyiapan program pembangunan perumahan dan kawasan permukiman yang memadai agar kebutuhan  rumah tersebut bisa terpenuhi dengan baik.

Deputi Bidang Pengembangan Kawasan, Agus Sumargiarto, mengungkapkan, laju pertumbuhan penduduk Indonesia yang cukup tinggi sangat berpengaruh terhadap peningkatan kebutuhan rumah. 

“Jumlah penduduk Indonesia saat ini sangat besar dan laju pertumbuhan penduduk Indonesia pun sangat berpengaruh pada kebutuhan rumah. Hal itu akan memicu terjadinya peningkatan backlog penyediaan rumah bagi masyarakat dari berbagai kalangan termasuk mereka yang berpenghasilan rendah,” ujar Agus Sumargiarto saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Pembahasan Backlog Penyediaan Rumah antara Kemenpera dengan BKKBN  di Hotel Amos Cozy, Jakarta, yang dirilis laman Kementerian Perumahan Rakyat.

Menurutnya, salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi tingginya backlog (akumulasi kebutuhan) perumahan dengan melaksanakan program keluarga berencana (KB). Program tersebut harus berjalan seiring dengan usaha yang dilaksanakan Kemenpera dalam rangka pembangunan perumahan dan kawasan permukiman.

Saat ini, imbuhnya, backlog perumahan per tahun diperkirakan mencapai angka 800.000 unit rumah. Untuk mengantisipasi hal tersebut tentunya perlu adanya sinkronisasi program antarinstansi sehingga masyarakat bisa menikmati berbagai program yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Banyak sekali data mengenai jumlah kebutuhan perumahan di Indonesia. Tahun depan diperkirakan jumlahnya bisa lebih dari 15 juta unit rumah. Jadi perlu data yang pasti antara BKKN dan BPS mengenai jumlah kebutuhan rumah yang sebenarnya,” imbuhnya. (*)