Sensasi Pencahayaan Pada Rumah

Pengaruhi Suasana Hati Dengan Pencahayaan Sempurna

sumantri Sabtu, 25-06-2011 | 08:48 WIB Arsitektur
Pencahayaan_Pada_Ruangan_dapat_mempengaruhi_mood_anda.jpg

Pencahayaan Pada Ruangan dapat mempengaruhi mood anda


Batam, batamtoday - Rumah adalah tempat dimana kita melepas penat setelah seharian bekerja. Sebuah rumah yang nyaman adalah rumah yang cukup diberi penerangan atau pencahayaan. Untuk menikmati sensasi ruangan yang tampil makin memikat, Anda memang harus berani mengutak-atik lampu dan tata cahaya di rumah Anda dengan tepat. Kini, hadirnya cahaya lampu berteknologi LED (Light Emiting Diode) mungkin bisa membantu tugas Anda dengan memberi suasana berbeda dalam waktu seketika.

"Rahasianya sederhana, yaitu memperhatikan penataan furnitur dan gaya desain yang sangat memengaruhi pilihan lampu, penempatan, dan cara kerja atau teknik pencahayaannya. Sebaliknya, penataan cahaya pun tidak bisa seenaknya," ujar Moch. Luthfie Maulutsyah, Designer Interior Informa Furnishing Batam, kepada batamtoday, sabtu, 25 Juni 2011.

Umumnya, pencahayaan ruang harus dibagi menjadi tiga, yaitu general lighting (lampu utama), task lighting (pencahayaan setempat sehingga arah cahaya lebih fokus), dan accent lighting (memberi aksen dalam ruangan).
Pembagian beberapa jenis lampu ini pun berguna untuk menciptakan skema cahaya dan "membagi" area berdasarkan kebutuhan fungsinya. Di kamar tidur, misalnya, paduan lampu yang tepat dapat menciptakan kamar yang nyaman baik untuk beraktivitas hingga memberi suasana tenang, rileks, dan nyaman untuk beristirahat.

Ragam pilihan

Koleksi lengkap Home Lighting Collection Philips yang menjagokan produk LED di "Indo Buildtech Expo 2011" di Jakarta Convention Center, misalnya, menawarkan beberapa jenis pencahayaan menarik. Untuk living room dan kamar tidur misalnya, Anda bisa menggunakan Ledino, Ecomoods, Roomstylers, EasyScene, ataupun Living Colors, yang masing-masing terdiri dari beberapa varian.

Desainnya yang unik membuat Ledino bisa menjadi pertimbangan untuk menampilkan gaya minimalis dengan sentuhan elegan. Bentuknva linear dan menampilkan warna putih yang hangat, dilengkapi dimmer switch untuk memudahkan pengaturan intensitas cahaya.

Sementara itu, Ecomoods memberi cahaya yang hangat dan lembut untuk menciptakan ambiens natural. Salah satu variannva dapat memberikan kenyamanan lebih dengan bagian outer rim L yang bisa diganti-ganti untuk menghadirkan warna suasana mood.

Gaya koleksi dari Roomstylers Contemporary pun sebetulnya tak kalah unik. Koleksi ini mampu mengangkat tampilan desain ruang mulai dari gaya modern hingga klasik.

Remote control

Lain halnya dengan koleksi EasyScene. Koleksi ini bisa dioperasikan memakai remote control, sehingga memudahkan mengatur intensitas cahaya mulai dari 100 persen hingga lima persen.

Ingin suasana ruangan lebih dinamis? Living Colors mungkin lebih tepat jawabannya. Lampu ini dirancang dengan 16 juta warna untuk menciptakan ambiens berbeda-beda dengan menggunakan remote control.

Sementara untuk mendapatkan suasana lebih rileks, Anda bisa memakai warna soothing blue. Varian ini mampu menghadirkan kesan ringan dengan cheery pink atau suasana romantis dengan passionate red.

Kamar anak

Khusus kamar anak-anak, suasana riang dan jenaka juga bukan hal sulit untuk diciptakan. Rumah lampu dengan beragam bentuknya yang lucu akan mampu merangsang sisi imajinasi buah hati kita seperti halnya koleksi dari Kid's Room. Koleksi ini telah didesain dengan memerhatikan childsafe fittings.

Sementara untuk area kamar mandi atau luar ruang, pilihannya adalah lampu yang kuat dan mampu bertahan dari cipratan air. Untuk itu, koleksi Aquafit hadir dengan dilengkapi IP 44 untuk area kamar mandi.

Selain antikorosif, koleksi ini tahan udara lembab dan mampu memancarkan cahaya secara maksimal. Efek cahayanya juga dapat memberi kesan lapang dan menyegarkan.

Memanfaatkan cahaya memang bukan perkara mudah, terutama jika dikaitkan dengan kesesuaiannya dengan ruangan dan kebutuhan. Padahal, sebetulnya teknologi pencahayaan saat ini pun umumnya telah dirancang sesuai desain ruang.

Nah, tertarik mencoba mengutik-atik pencahayaan mulai dari teras hingga ruangan paling pribadi di rumah Anda?si Rafael Nadal sebagai peringkat satu dunia.