Menciptakan Kesan Minimalis Kamar Tidur, Melalui Tata Cahaya

Magid Jum'at, 02-09-2011 | 14:55 WIB Arsitektur
Kamar-Tidur-Romantis.jpg

BATAM, propertinews - Kenyamanan tata letak dan tata cahaya kamar tidur, tidak boleh dianggap remeh. Bahkan sejumlah ahli mengatakan, salah satu ruangan yang perlu penanganan khusus adalah tempat tidur, karena di ruangan inilah, penat dan beban segala persoalan kita lepaskan.

Salah satu arsitek terkemuka di Indonesia, Dedi Mulyadi dalam tulisanya menekankan bagaimana melakukan penataan kamar tidur, baik tata letak barang maupun pencahayaan.

"Bentuk, pemilihan furniture juga pencahayaan diyakini arsitek mampu mempengaruhi nilai estetikanya. Untuk mendapatkan desain yang sesuai keinginan," tulis Dedi dikutip batamtoday dari laman rumahminimalis, Jum'at, 2 September 2011.

Menurutnya, mengolah tata cahaya menjadi point utama. Selain mampu memberi kesan hangat dalam ruang. Pencahayaan buatan juga dapat menambah kesan estetis yang menarik. Jika pencahayaan pada umumnya berada di plafon. Justru untuk menampilkan kesan yang berbeda, letak tata cahaya didesain sebagai penerangan horizontal.

"Agak sedikit keluar dari gaya arsitektur konvensional, letaknya seolah tersembunyi disela dinding, bentuk pencahayaan yang dihasikan jauh lebih unik," tulisnya.

Untuk menghasilkan efek cahaya yang menarik pada dinding. Bentuklah dinding seolah berkontur. Selipkan lampu antara dinding massif dan non masif. Beri sentuhan cermin dekoratif di duasisinya, tuangkan warna cahaya yang hangat. Karena jika lampu utama dipadamkan, estetika yang Nampak dari pembentukan cahaya akan terlihat menawan. Agar pantulan cahaya dapat menyebar sempurna, lapisi background pada tempat tidur dengan wallcover yang memantul.

"Agar tidak memberi efek panas pada ruang, gunakan lampu dengan watt rendah. Baiknya beri jarak antara wallcover dan lampu. Agar kesan mewah dapat terbentuk apik, olah tampilan dinding dan permainan warnanya. Supaya terlihat cantik, tempatkan pula standing lamp mini di keduasisinya," jelas Andi.

Sedangkan untuk menuangkan gaya minimalis, permainan cahaya juga dapat di bentuk seperti berikut ini. Bila tak suka dengan bentuk pencahayaan dinding dekoratif. Ada baiknya memilih optional lain berupa pencahayaan utama yang dapat di peroleh dari penerangan langit-langit, asalkan bentuk plafon harus di desain menarik.