Kelebihan Penggunaan Dinding Beton

Magid Sabtu, 03-09-2011 | 17:04 WIB Arsitektur
rumahdengandindingbeton.jpg

BATAM, propertinews - Penggunaan blok beton sudah dikenal sejak jaman pembangunan piramid-piramid di Mesir, kuil-kuil tua Yunani dan dinding-dinding bangunan Kerajaan Romawi. Dan seperti yang kita ketahui, bangunan-bangunan tua yang didirikan dengan blok beton ini banyak yang masih bertahan dengan kokoh hingga saat ini. Ini menunjukkan salah satu kelebihan blok beton dibandingkan dengan material bangunan lainnya adalah ketahanan yang maksimal. 

Berikut Propertinews, Sabtu, 03 September 2011,akan mengulas bagaimana kelebihan dinding beton dibanding dengan bahan lainya yang umum digunakan masyarakat modern saat ini. 

Dinding beton termasuk material kedua yang bisa menahan dan menyimpan radiasi panas dari luar. Karena itu dinding beton juga baik digunakan agar kita mengurangi atau menghilangkan penggunaan AC. Material dinding beton setebal 15cm (setebal dinding biasa) bisa menahan panas maksimum hingga 3,8 jam sebelum dinding dalam ruangan benar-benar panas.

Dahulu blok beton dapat digunakan untuk membuat dinding pengganti bata merah, namun karena bobot dari blok beton ini lebih berat dari bata merah maka akan berpengaruh pada besarnya struktur. Mengenai kekuatan, tentu tidak diragukan lagi. Berikut ini adalah kelebihan penggunaan dinding beton yang dihimpun Propertinews dari berbagai sumber:

1. Dinding betin lebih tahan lama, bahkan bisa dibilang bebas pengeroposan

2. Mampu menahan panas hingga durasi waktu lama, sehingga suhu di dalam ruangan tetap stabil

3. Kedap suara

4. Tahan terhadap cuaca, bahkan yang ekstrim sekalipun