Menentukan Warna Keberuntungan Rumah Anda

Magid Kamis, 08-09-2011 | 12:57 WIB Hunian
resort.jpg

BATAM, propertinews - Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang ketika memilih warna untuk diaplikasikan pada bangunan dan ruangan di rumahnya. Di antaranya adalah faktor selera dan kenyamanan yang dirasakannya ketika melihat bangunan rumah atau berada dalam ruangan. Bahkan bagi sebagian individu, percaya bahwa keberuntungan juga dipengaruhi oleh warna rumah yang ditinggalinya.

Adalah Sioom Lurry, seorang pemerhati Feng Shui salah satu dari individu yang percaya akan hal itu. Menurutnya,penggunaan warna yang sesuai dengan ilmu feng shui dapat meningkatkan energi dan kesejahteraan bagi penghuni rumah.

"Selaian menjadikan ruangan nyaman, sebenarnya dari kacamata Feng Shui, pemilihan warna berkaitan erat peruntungan," tulis Siom Lurry pemilik Geomancy Elements seperti dikutip propertinews dari laman pribadinya, Kamis (06/9/2011).

Dijelaskanya, ada lima unsur yang dikenal dalam ilmu feng shui yaitu api, tanah, logam, air dan kayu. Setiap warna yang ada di dunia ini mengekspresikan salah satu dari kelima unsur tersebut. Unsur-unsur itulah yang akan digunakan untuk menciptakan harmonisasi di area tertentu sesuai dengan peta energi feng shui ruang Anda.

"Dengan kata lain, penerapan warna yang tepat sesuai dengan unsur-unsur tersebut merupakan cara termudah untuk meningkatkan energi positif di kediaman Anda,"tulisnya.

Penerapan ilmu feng shui pada properti erat kaitannya dengan arah mata angin yang dituju oleh bangunan tersebut. Penggunaan warna yang tepat dipercaya dapat memberikan keseimbangan energi bagi para penghuni rumah. Berikut ini merupakan panduan yang dapat Anda ikuti untuk desain eksterior dan interior rumah.

Berikut warna-warna menurut Feng Shui yang disesuaikan dengan arah bangunan Anda:

1. Selatan diseimbangkan dengan hijau, kuning, coklat, dan krem.
2. Barat diseimbangkan dengan coklat, krem, dan biru.
3. Barat Laut diseimbangkan dengan coklat, krem, dan biru.
4. Timur Laut diseimbangkan dengan merah, merah muda, jingga, putih, ungu, dan abu-abu.
5. Timur diseimbangkan dengan biru, merah, merah muda, jingga, dan ungu.
6. Tenggara biru, merah, merah muda, jingga, dan ungu.
7. Barat Daya diseimbangkan dengan merah, jingga, merah  muda, ungu, putih, dan abu-abu.
8. Utara diseimbangkan dengan putih, abu-abu, dan hijau.