Memaksimalkan Apartemen Sebagai Rumah Tinggal Sekaligus Kantor

Redaksi/Mg Kamis, 27-10-2011 | 12:17 WIB Hunian
apartemen.jpg

Contoh ruang apartemen yang multi fungsi, yakni sebagai rumah tinggal sekaligus kantor. Foto:Annahape


BATAM, propertinews  - Sejumlah apartemen beberapa tahun terakhir, mulai menawarkan konsep loft (berlantai dua). Pelopornya adalah kota besar dunia seperti New York, London, Paris dan lain-lain, diikuti Beijing, Hongkong dan Singapura

Konsep yang sedang menjadi tren di negara- negara maju ini memungkinkan adanya void yang akan memberikan kesan luas dan mewah. Konsep dua lantai ini dipadu dengan desain interior berkualitas tinggi serta berbagai aplikasi teknologi baru untuk kenyamanan penghuni. Selain itu, unit loft dilengkapi dengan lift sendiri. 

Oleh karena ruangannya lebih banyak, apartemen loft bisa pula difungsikan sebagai tempat tinggal dan kantor sekaligus, mengikuti gaya hidup modern kota besar. Karena itulah apartemen seperti ini dibangun dekat dengan pusat bisnis.

Bila ingin memfungsikan apartemen sebagai kantor, desainer interior Anna Hape menyarankan beberapa hal.

Ruang yang terbatas misalnya, akan kelihatan lebih lapang dengan warna muda pada dinding dan warna netral untuk furniture. Ruangan yang panjang dan sempit akan terasa lebih lapang bila salah satu sisi atau kedua sisi yang lebih pendek diberi warna cerah atau gelap, sementara sisi lain menggunakan warna pucat yang sesuai.

Warna putih pada plafon akan menambah kesan tinggi. Ruangan lapang dengan plafon yang tinggi akan terasa lebih nyaman bila dibuat drop ceiling dengan aksen tertentu seperti wallpaper pada tepinya, baik di atas maupun bagian bawah dinding.

Bekerja di tempat tinggal memungkinkan kita lebih banyak menggunakan waktu bersama keluarga seraya bekerja. Yang penting ciptakan ruang tersendiri dengan segala kelengkapannya, khusus untuk bekerja.