Empat Trik Ubah Dapur agar Tak Membosankan

Ubah Tata Letak Dapur Anda, Dijamin Betah Memasak

sumantri Senin, 27-06-2011 | 08:32 WIB Arsitektur
Dapur_pada_hunian_modern_minimalis_yang_menerapkan_pewarnaan_cerah.jpg

Dapur pada hunian modern minimalis yang menerapkan pewarnaan cerah (foto Informa Index Furnishing Nagoya)


Batam, batamtoday - Salah satu ruang yang amat mempengaruhi sebuah keluarga adalah dapur, dapur juga sering dikonotasikan sebagai tingkat kemapanan seseorang dalam menjalani hidup. Anggapan bahwa dapur hanya sebatas unsur ruangan pelengkap adalah paradigma keliru, yang mesti segera diubah polanya. Karena setuju atau tidak, seperempat waktu yang kita habiskan (terutama kaum ibu) adalah di ruangan, yang bernama dapur.

Agar anda selalu nyaman dalam melakukan aktifitas yang intens menggunakan dapur, ada beberapa trik yang sepertinya patut anda coba untuk membuat dapur anda menjadi lebih menyenangkan. Tampilan dari dapur anda akan lebih terasa nyaman jika anda mengetahui trik dan tips penataan dapur sesuai dengan aspek yang ada pada sebuah dapur.

Tampilan yang sama setiap hari akan membuat Anda bosan. Tergoda untuk mengubah dapur Anda agar tak membosankan? Berikut empat trik sederhana yang dapat Anda pilih sesuai keinginan, dan merupaka hasil wawancara batamtoday, dengan Moch. Luthfie Maulutsyah, Interior Designer, PT Home Centre Indonesia, pada Minggu, 26 Juni 2011;

1. Pewarnaan Yang Segar
Cat Dinding Dapur Memberi sentuhan warna pada dapur dengan warna baru akan membuat tampilah dapur terlihat lebih segar. Cobalah bereksperimen dengan warna-warna cerah atau terang, tampilan dapur pun menjadi ceria dan menyenangkan.

"Warna-warna yang di sarankan adalah warna cerah seperti Biru, Hijau Daun, Pink, Orange dan warna-warna yang dominan memantulkan cahaya," papar Moch. Luthfie Maulutsyah, kepada batamtoday, Minggu sore, 26 Juni 2011, di informa Index Furnishing Nagoya Hill Batam.

2. Tampilan ornamen atau aksesori yang bisa menambah indah dapur anda
Penambahan ornamen atau aksesori mungil pada dapur anda akan membuat suasana hidup dan cenderung menimbulkan semangat dalam mengolah makanan. Aksesoris Tambahan juga akan membuat semarak dan menghilangkan kesan monoton pada dapur anda. Penambahan seperti wadah-wadah lucu bumbu dapur, lap cantik, atau pernak pernik lain akan memberi sentuhan baru pada dapur.

3. Beri Sentuhan Teknologi
Perbaharui peralatan memasak anda, jika anda memiliki anggaran berlebih. Sentuhan barang-barang berteknologi mutakhir seperti Kulkas, Microwave, Exhouser dan kompos listrik, akan menambah 'value' atau nilai dari dapur anda. Atau anda bisa melakukan pencocokan dan penyerasian alat-alat memasak seperti memilih satu set rak piring, mangkok, gelas dengan warna senada, atau pilih panci-panci dengan beragam ukuran.

4. Beri sedikit sentuhan alam
Konsep alami pada sebuah dapur, akhir-akhir ii menjadi tren yang kerap dilakukan oleh keluarga muda atau kecil, tambahan nuansa alam dengan memberi sentuhan alami di dapur Anda, akan menimbulkan perasaan 'ikhlas' dalam memasak. Caranya, anda bisa menempatkan beberapa tanaman hias. atau anda bisa mengemas tanaman dalam pot-pot kecil dan letakkan di ambalan dapur.

"Dengan demikian pemandangan yang akan terlihat menjad tidak kaku," ungkap Moch. Luthfie Maulutsyah.

Nah sudah siap dengan eksperimen anda dalam menata ulang dapur? Dan jika anda ingin mencari inspirasi dan butuh konsultasi perihal Interior Design. Informa Index Furnishing siap melayani keinginan anda dengan menyediakan beragam konsep dapur dan perlemngkapannya. Selamat menata dapur...