Rumah Sederhana Desain Minimalis Jadi Idola di Batam

Magid Selasa, 23-08-2011 | 13:37 WIB Hunian
Eksterior_Rumah_Minimalis_1.jpg


BATAM, propertinews - Rumah sederhana dengan konsep minimalis dewasa ini menjadi trend di Kota Batam. Sejumlah pengembang properti bahkan berlomba untuk membangun tipe yang diinginkan pasar tersebut.

Menurut Bona Andi dari PT Megah Buana Property, Selasa, 23 Agustus 2011, pasar potensial yang ada di Batam adalah kelompok dengan usia produktif antara umur 25 hingga 40 tahun. Dimana masing-masing usia produktif biasanya sangat mengikuti trend terkini dalam segala lini kehidupanya.

"Termasuk masalah memilih hunian, mereka suka model kekinian, minimalis dan fasilitas serba ada," ujar Bona Andi yang keseharianya menghadapi para pembeli rumah di Bukit Citra Lestari.

Adapun tipe yang paling banyak dicari adalah tipe Rumah Sederhana antara tipe 30, 36 hingga tipe 40. Selain persoalan harga yang terjangkau, umumnya masyarakat dengan golongan umur produktif menginginkan hunian yang simple dan tidak rumit.

"Tipe-tipe kecil biasanya laris manis terjual, karena para pembeli biasanya suka ruangan rumah yang tidak rumit," tegas Bona Andi.

Sementara itu, dari data yang berhasil dihimpun batamtoday, hampir sebagian besar pengembang di Kota Batam membangun tipe rumah sederhana, mulai dari tipe 30 hingga 40. Pengembang perumahan Marina Raya misalnya, membangun 40 persen dari total hunian yang dibangun adalah tipe rumah sederhana.

Perumahan Marina Raya yang terletak sangat dekat di kawasan Industri Tanjunguncang, sepertinya membidik pasar pekerja dengan menyediakan hunian tipe 30 dan 36 dengan harga terjangkau dan fasilitas cicilan uang muka ringan.

"Memang cuku laku keras rumah sederhana, apalagi lokasi perumahan kita (Marina Raya) sangat dekat dengan kawasan industri Tanjunguncang,"ujar Perdamaian Sinaga, manager marketing PT Widya Cipta Fortune selaku pengembang perumahan Marina Raya.