Ruang Makan Bergaya Jepang Cocok untuk Rumah Mungil

Magid Jum'at, 26-08-2011 | 13:07 WIB Arsitektur
R_Tamu_Jepang.jpg

BATAM, propertinews - Bagi anda pemilik rumah mungil yang memiliki ruang terbatas tentu akan pusing memikirkan dimana akan menjamu tamu untuk menikmati hidangan pada pesta lebaran mendatang. Bukan hanya space ruangan yang terbatas, tapi juga pemilihan furniture harus benar-benar dalam perhitungan yang matang.

Berikut ini adalah tips mendesain ruang makan dari redaksi propertinews, Jum'at, 26 Agustus 2011.

Jika anda termasuk orang yang menghadapi kesulitan menentukan konsep ruang makan karena keterbatasan ruangan, maka cobalah untuk menggunakan tema yang tidak umum. Mengurangi perabot dan furniture yang menjadikan ruangan sempit bisa dilakukan, hingga pemilihan warna yang cerah dengan kontradiksi warna di sudut tertentu.

Setidaknya ada dua tema ruang makan yang dapat dipilih guna mengupayakan ruang sempit menjadi terasa lebar. Pertama model ruang makan bergaya Persia (Arab), sedangkan tema kedua adalah Japan Style atau bergaya Jepang.


Khusus ruang tamu bergaya Jepang, corak terlihat dari model furniture meja makan tempat kita menyajikan makanan pesta lebaran. Meja makan di buat rendah sekitar 30-40 cm, dan tanpa kursi hanya menyediakan bantal sebagai alas tamu yang akan kita undang. Sehingga momen menikmati hidangan akan terasa lebih istimewa.

Bahan meja diusahakan terbuat dari kayu spesial dengan tetap membiarkan warna dan guratan kayunya.

Untuk warna Dinding, dapat menerapkan permainan warna dengan mempertentangkan warna-warna cerah, sehingga ruang terasa lebih segar dan luas. Sedangkan model lantai, sebaiknya dibuat lebih tinggi dari ruang lainya, sehingga meskipun ruang makan dibuat lesehan, namun ada kekhususan bahwa ruangan tersebut terpisah dengan ruang lainya. Ketinggian dapat dibuat relatif, antara 10 sampai 15 cm, atau dapat juga ditambah dengan lantai kayu, sehingga kesan klasik lebih terasa.